Bermain Sendiri Ragnarok Online

Game legendaris Ragnarok Online. Sudah tiga tahun yang lalu saya pensiun dari game ini tapi masih melekat di benak saya, game ini begitu membuat saya addict (kecanduan). Apa menariknya? Beragam, hunt bareng, WOE, komunitas, perdagangan dan masih banyak lagi. Ketika itu saya bermain di server Iris dengan job Priest sampai level 98. Waks belum aura heuheueh…Yuph, saya memutuskan off karena temen2 juga off dan komunitas yang saya kenal juga kebanyakan off.

New Job, New City, New Monsters
Wogh…setelah sekian lama, akhirnya muncul job-job, kota dan monster-monster baru. Rasa tertarik saya muncul lagi. Tapi sekarang saya sudah tidak mencukupi lagi waktu untuk bermain di game center. Lagian saya hanya ingin mencoba seperti apa sih job yang ditawarkan, kota baru itu dan monster-monster yang konon lebih sangar dengan MVPnya. Nah solusinya adalah dengan mengofflinekannya sejenak xp.

Offline RO Bermain Sendiri
Caranya sangat mudah: Pertama, download RagnrokOnline client, baik dari server Korea ataupun Indonesia (yang saya gunakan idRO). Download pula server eAthena dan haxed client (Icon RO yang telah dihaxed) di forum eAthena. Dan terakhir download pula sclientinfo maker. Install idRO, kemudian masuk ke tempat instalasinya, buatlah folder Data dengan sclientinfo di dalamnya yang telah dikonfigurasi (mudah koq mengkonfigurasinya). Extract pula haxed client di tempat yang sama. Untuk server boleh di tempat yang berbeda. Jalankan char-server, login-server, map-server sampai ketiganya sukses. Nah jalankan sudah haxed clientnya. Jalan sudah…Happy RO.

Loh…Masih Ga Mau?
Kemungkinan servernya tidak cocok dan haxed clientnya juga tidak cocok. Jadi sebaiknya dicoba-coba hingga mendapat yang benar-benar pas (saya sudah 5 kali mencoba xp).

Menjadi GM? Bisa dilakukan dengan mengedit account.txt (bener ga extensinya?! xd) di folder save pada folder server. Ngebot? bisa juga dengan mengubah konfigurasi server di folder tables (ngebotnya pake Openkore).

Yang Perlu Didownload (Reference Hint): eAthena Server, Haxed Client, SClientInfo Maker, Openkore, idRO client