Upload WordPress Dengan CPanel

Kemarin, upload website berbasis WordPress ke server. Lewat CPanel. Nah bagi yang udah biasa dengan web design pasti dah ga asing dah dengan yang namanya CPanel. CPanel itu seperti control panel (yah emang itu xp) di Windows. Oke saya akan menjelaskan bagaimana cara menguploanya.

Persiapan
Tapi sebelum upload perlu diingat untuk ngedump database pada localhost/phpMyAdmin. Caranya buka database wordpress, kemudian pilih Export pada tab di atas-atasnya itu. Nah disave maka terbentuk namandatabase.sql dengan icon wordpad. Sudah? Yang kedua, zip datamu agar nantinya upload lebih mudah dan cepat, tapi kalo engga juga engga apa-apa, lebih baik zip folder wp-admin, wp-include dan wp-content. Oke persiapan selesai. Konek ke internet. Masuk ke CPanel kemudian pilih MySQL kemudian create user dan database, nah ada permasalahan, nama user dan databasenya ada embel-embel di depannya. Yoi, itu nama user cpanelnya, dibiarkan aja dulu. Kemudian add user to database. Import databasenya yang telah kamu ekspor tadi, caranya sama. Jreng…database telah siap.

Cara1: Melalui CPanel
Masuk ke File Manager, masuk ke public_html dengan menekan ikon, bukan namanya, nah sekarang upload dah semua file WordPressnya.

Cara2: Melalui FileZilla
Yang ini lebih gampang. Download FileZilla, lalu buka programnya, Pilih File > Site Manager > New Site. Masukkan host dengan port 21, logontype Normal, ketik user dan passwordnya. Connect…Berhasil, file sebelah kanan adalah file di File Manager, pilih public_html, tinggal drag file dari disk ke kanan, sistem akan menguploadnya secara otomatis.

Sudah Berhasil? Belum?
Tunggu dulu, file wp-config.php perlu diperbaiki, bukalah dengan notepad dan ganti db name: cpaneluser_databasename, db user: cpaneluser_username, dan db password: password, ngerti kan? Oke upload dah semua. Masih belum bisa? buka database ke PHPMyAdmin, pilih tabel options dan browse, ganti siteurl dan home (home ditemukan dengan klik next). Yuk…Loh belum bisa juga? kemungkinan yang lain adalah ChMod atau permission data. Bisa kamu setting di File Manager. Klik filenya trus pada sisi kanan terlihat sudah permission, ketik aja 777 atau terserah deh hehehe…xp. Lewat FileZilla juga bisa, klik kanan file kemudin pilih permissionnya. Ribet? Atau cara gampangnya, set di wp-config, define apa ya…bentar dulu, buka file,…

Reference Site: FileZilla