Akasuna No Sasori

Tersebutlah Akatsuki, sebuah kelompok penjahat buronan level S dari setiap desa yang memiliki kekuatan master yang unik pada setiap anggotanya. Yuph…saya sangat menyukai kelompok ini. Bermula ketika membaca Naruto chapter entah berapa ya yang pasti ketika Deidara menyerang desa Suna, saya penasaran terhadap musuh Naruto yang masih asing di mata saya. Akhirnya teman saya pun memberitahu bahwa muncul kelompok penjahat di Naruto yang beranggotakan 10 orang dengan jubah hitam bercorak awan merah dengan aksesoris cincin serta kutek hitam pada kukunya serta mempunyai posisi masing-masing dan fungsinya yang dinamakan Akatsuki.

Akatsuki terdiri dari Pein, Konan, Hidan Kakuzu, Itachi, Kisame, Zetsu, Sasori dan Deidara serta anggota tambahan Tobi yang menggantikan posisi Sasori. Saya terpesona terhadap satu karakter yaitu Akasuna no Sasori atau Kalajengking dari Pasir Merah, wohoho…

Berperawakan biasa saja, Sasori lahir dari keluarga ninja desa Suna yang terlibat peperangan. Kala itu kedua orang tua Sasori meninggal dalam peperangan Suna melawan Konoha dimana dibunuh oleh White Fang, ayah Kakashi. Sasori merasa kesepian dan sering kali diam melihat keluarga lainnya yang utuh. Melihat kenyataan tersebut, Chiyo, nenek Sasori merasa iba dan mengajarkan dia teknik warisan turun temurun Desa Suna yaitu puppeter (pengendali boneka). Sasori sangat tertarik dengan hal ini hingga walaupun masih berumur balita sudah bisa merakit boneka tiruan orang tuanya guna menghibur dirinya. Tapi Sasori menghadapi kenyataan bahwa itu hanyalah boneka hingga ia menjadi sangat terobsesi olehnya. Hingga ia menemukan cara mengubah manusia menjadi boneka, maka ia melarikan diri dari desanya karena dinyatakan kriminal level S hingga menjadi buron. Boneka yang menjadi pelindungnya adalah Hiruko yang merupakan salah satu ninja Suna. Boneka Kankuro pun buatan Sasori.

Tiba saatnya ketika Sakura dan Nenek Chiyo menghadapi Sasori yang telah bergabung dengan Akatsuki dengan posisi jempol kiri (Virgo) kembali setelah lebih dari 20 tahun. Tapi apa yang terjadi? Sasori tidak bertambah tua, dan lebih mengejutkan dia telah membuat Kazekage (Kepala Desa Desa Suna) yang telah lama hilang dan yang merupakan kage yang terkuat menjadi boneka, wew…Sasori juga merubah dirinya ke dalam bentuk boneka walaupun tidak sepenuhnya. Sasori bahkan telah mengkoleksi hampir 300 humanpuppet (boneka manusia atau hitokugutsu) yang dia anggap sebagai sebuah seni yaitu art is an eternal beauty (keindahan yang abadi). Tapi berhasil ditaklukan oleh neneknya dan Sakura setelah Sasori mau membuka sedikit kelemahannya pada pertarungan.

Akatsuna no Sasori

Akatsuna no Sasori

Akatsuki

Akatsuki

Sleeping Sasori

Sleeping Sasori

Sasori

Sleeping Sasori

Well demikianlah, Akatsuna no Sasori adalah salah satu karakter anime favoritku xd.

Reference site: Sasori Wikipedia