Albus Dumbledore

“You want to say something to me, Harry” mata biru Dumbledore seakan-akan menembus pikiran Harry sewaktu Harry menyampaikan pesan tentang kamar rahasia. Bernama lengkap Albus Percival Wulfric Brian Dumbledore, tokoh favorit saya di novel terkenal J.K. Rowling, Harry Potter. Berjanggut panjang perak dengan kacamata bulan separo, Dumbledore menjadi penyihir paling jenius ramah baik hati dan penyayang terhadap siapa saja. Dia seakan-akan mengetahui segala yang terjadi dan akan terjadi. Kebijaksanaanya dapat membedakan yang benar dan yang tidak. Ho…tapi saya jadi kecewa setelah Harry Potter difilmkan, Dumbledore seperti bukan dirinya…

Film pertama dan kedua Harry Potter, Socceres of Stone dan Chamber of Secret, peran Dumbledore diambil oleh Richard Harris, seseorang yang sudah tua yang paling pas sekali berperan. Dari auranya saya sudah merasakan Dumbledore sesungguhnya di dalam orang ini. Saya sangat mendapatkan kesan Dumbledore saat saya membaca namun sayang, Richard Harris meninggal. Sedih rasanya, dan pada skuel ketiga: Prisoner of Azkaban, peran ini digantikan Gambon, pemeran Gandalf dalam Lord of the Ring. Weks…berbanding terbalik, wajahnya kaku, perawakannya sangar dan yang membuat saya sangat shock ketika film ke4 Goblet of Fire, Dumbleodre berteriak saat memanggil nama Harry Potter, dan memojokkan Harry seakan-akan benar-benar salah, tidak seperti Dumbledore yang saya kenal. Dumbledore akan selalu tenang segawat apapun masalahnya. Apa ini karena sutradara yang buruk atau memang Gambon sendiri yang tidak membaca Harry Potter. Anyway peran Michael Gambon kian lama kian membaik walaupun masih tidak sebaik Harris. Btw, Dumbledore dinyatakan gay oleh J.K. Rowling. Kejam…saya kan memfavoritkan beliau huhuhu…Tapi Dumbledore punya style tersendiri. Beliaulh satu-satunya pemilik Phoenix, burung abadi konon legendanya dari langit dan pemegang Tongkat Bertuah yang merupakan salah satu Deathly Hallow. Piuf…

Richard Harris sebagai Dumbledore

Richard Harris sebagai Dumbledore

Michael Gambon dalam HP Order of Phoenix

Michael Gambon dalam HP Order of Phoenix