DVD 9

Saya meminjam dvd Harry Potter (keknya si bajakan hehehe…) dari pesewaan. Ternyata setelah dijalankan, dvd itu tidak dapat dibaca, ga tau ya, apa dvdnya rusak, setelah saya cek permukaan dvd, yuph…ada lumeran pada sisi dvd. Saya pun komplain pada pesewaan dvdnya, trus diganti dah dengan yang lain. Saya cek sama juga dvdnya masih ada lumerannya, tapi operator penyewa bilang dvdnya ga masalah, saya minta dicoba dulu di tempat sewa, ternyata benar, bisa jalan. Saya pun kembali menuju alam saya di kos. Tapi setelah saya jalankan, bujuk…tetep ga jalan euy…apa yang salah ya? Saya coba putar di laptop. Hasilnya sama, wew…perhatian saya tertuju pada tulisan DVD 9 di cover dvd, mungkinkah ini penyebabnya?

Ternyata dvd memiliki size berbeda-beda. Wah baru tau dah, heuheueheu…ada empat dvd size: DVD-5 berkapasitas 4,7GB didukung format DVD+R/RW dan DVD-R/RW, dikenal dengan nama Single-Sided Single Layer. DVD-10 berkapaitas 8,75GB didukung format DVD+R/RW dan DVD-R/RW, dikenal dengan nama Double-Sided Single Layer. DVD-9 berkapasitas 8,5GB didukung format DVD+R/RW dan DVD-R/RW, dikenal dengan nama Single-Side Double Layer (Dual Layer) atau DVD+R DL dan DVD-R DL. DVD-18 berkapasiitas 15,9GB didukung format DVD+R, dikenal dengan nama Double-Side Double Layer (Double-Side Dual Layer). Jadi kita harus memiliki DVD Burner Double-Side dan atau Double Layer untuk menggunakan semua disc di atas. Wew…

Sepertinya memang ini penyebabnya. Hehehe…Tapi kini ada teknologi baru bernama Blue-Ray yang lebih besar kapasitasnya yang juga digunakan DVD untuk PS3, makin besar kapaitasnya. Berapa ya, liat net dulu…Pokoknya gede dah heuheuhe…, jadi kalo mau sewa dvd bajakan mending liat dulu DVD Player yang digunakan.