Leak di Bali

Banyak orang bertanya kepada saya terutama mereka yang bukan asli orang Bali tentang hal ini, Leak. Saya pun sangat minim pengetahuan tentang ha ini karena hal ini bersifat magis dan di luar logika saya. Menurut saya, leak itu adalah ilmu hitam (black magic) yang dipelajari beberapa orang guna tujuan tertentu. Ilmu ini bisa juga disebut ilmu putih ketika ilmu ini digunakan untuk menawar ilmu hitam yang lain.

Dari legenda yang ada, (Maaf sebelumnya, saya akan menyebut Dewa-Dewi Hindu dalam legenda ini): Dewa Siwa sebagai Dewa Mahadewa, ingin menguji kesetiaan istriNya, Dewi Uma. Dewa Siwa berpura-pura sakit keras dan hanya dengan susu dari Lembu Nandini yang dapat menyebuhkannya. Dewa Siwa meminta istriNya untuk mencarikan susu tersebut. Kewelas asihan Dewi Uma dan pengabdian Dewi Uma terhadap Dewa Siwa membuat Dewi Uma menyanggupi permintaan tersebut dan pergi mencari susu yang dimaksud. Dewi Uma mencari kian kemari hingga bertemu jugalah dengan Lembu Nandini, namun lembu tersebut dimiliki oleh seorang pendeta yang tiada lain adalah Dewa Siwa sendiri yang sedang menyamar. Dewi Uma meminta susu tersebut pada pendeta itu. Pendeta itu memperbolehkan dengan syarat Dewi Uma bersedia menemaninya semalaman. Keadaan yang terdesak, mengingat suamiNya, Dewa Siwa yang sedang sakit keras membuat Dewi Uma menyanggupi syarat tersebut. Susu Lembu Nandini pun diperoleh dan langsung dibawakannya ke Dewa Siwa. Dewa Siwa melihat semua hal ini menjadi murka dan mengutuk Dewi Uma turun ke dunia menjadi Dewi Durgha dalam wujud rangda. Dewi Durgha dendam terhadap semua pengikut Dewa Siwa dan bermaksud mencelakakan semua pengikutnya. Melihat kenyataan ini Dewa Siwa merasa bertanggung jawab atas perbuatanNya dan turun dengan wujud barong. Terjadilah peperangan sengit antara barong dan rangda yang kini tariannya sangat populer di Bali. Dalam tariannya itu rangdha selalu membuat umat manusia mati dengan kibasan saputangan putihnya sementara barong membuatnya hidup kembali dengan melangkahi mayatnya. Peperangan ini tiada akhir, tiada satupun yang menang dan dikenal dengan istilah rwabhinedha, dua yang saling bertentangan.

Tarian Barong dan Rangda

Tarian Barong dan Rangda

Leak konon diturunkan dari Dewi Durgha, yang lebih mudah dipelajari oleh wanita yang mempunyai dendam dalam dirinya. Dendam inilah yang menyebabkan leak beraliran ilmu hitam. Percaya tidak percaya, di Bali, leak memang ada dan saya juga mempercayainya dan selalu waspada terhadapnya. Dari beberapa cerita, ilmu ini dapat ditangkal dengan kemurnian dari manusia itu sendiri. Wujud-wujud leak juga bermacam-macam, yang paling terkenal adalah ilmu racun dan ilmu berubah bentuk. Saya sendiri pernah terpikir ilmu ini telah menembus ruang dan waktu yang kini masih banyak diteliti, bahkan saya berpikir ilmu ini telah menerapkan teori Einstein dan teoti fisika lainnya. Who knows