Orang Pintar VS Orang Bodoh

Teman saya curhat pada saya saat bertemu di kampus. Ia menecritakan kerap kali diteror oleh seorang yang saya juga kenal sejak ia jadian dengan yang lain yang saya juga kenal. Mereka saling mengejek dan mencaci maki, saling menjatuhkan atau apalah yang jelek-jelek, bisa dibayangkan sendiri. Menurut dia dan mungkin menurut saya juga, yang tidak dijadiin itu cemburu, tapi dari segi kata yang dikeluarkan kurang lebih keterlaluan.

Saya kira beginilah orang egois, berkutat pada keinginannya tak mempedulikan sekitarnya, hal yang menjadi harapan harus terwujud, tapi apakah ini buruk? tidak juga, malah sangat bagus, dan menandakan orang-orang pintar karena ia akan mencari jalan untuk memenuhi apa yang diinginkan, dengan begitu ia akan belajar, dengan belajar maka ia menambahkan ilmu lagi dalam kehidupan. Setelah saya amati, ternyata teman-teman yang pintar rata-rata egois. Benarkah hanya orang pintar? Orang bodoh ternyata egois juga, karena dia tak mau tahu selain yang diasumsikannya, asumsinya juga belum tentu benar, asumsi salah, keadaan yang salah, menjadilah orang yang bodoh, tidak menerima keadaan yang ada, satu tujuan dan harus tercapai, tidak menerima perubahan, apakah pantas disebut orang bodoh?

Saya juga orang yang egois, berarti sangat pintar tetapi juga sangat bodoh. Orang yang seperti ini sangat banyak tersedia di dunia. Lalu yang bagaimana? Orang pintar yang tenang menandakan tingkat kepintaran yang sempurna karena menguasai hal itu, tapi juga orang bodoh sangatlah tenang, karena tidak mengetahui apa itu.

Lalu kesimpulannya seperti apa? Orang pintar dan orang bodoh adalah kita semua, jika bisa, maka menjadi bisa, jika tidak bisa, maka diupayakan untuk bisa, tapi apakah semua ilmu harus dipelajari? Orang pintar akan menjawab, kita harus spesialisasi dalam satu hal, orang bodoh menjawab hal yang sama. Apakah tingkat keegoisan menandakan kepintarannya? Benar, karena semakin egois maka orang itu akan lebih mementingkan dirinya sendiri dan tidak mempedulikan hal yang lain termasuk orang bodoh.

Tulisan ini guna memenuhi keinginan untuk mengurangi kebodohan saya…