Kopi Lubak

Tulisan ini ditujukkan untuk mengikuti lomba di Indoakatsuki.us yaitu menulis segala sesuatu tentang Kopi

Pernah mendengar kata Lubak?
Sebenarnya ini istilah di daerah saya, Bali
Lubak adalah hewan pemangsa malam, biasanya yang dimangsa adalah ayam peliharaan peternak sehingga sering merugikan, selain itu kerap juga mengganggu perkebunan. Yuph…Lubak atau Luwak dalam Bahasa Indonesia disebut Musang (sejenis).

Lubak atau Luwak

Lubak atau Luwak

Lalu apa hubungannya dengan kopi?
Perkebunan yang sering diganggu Lubak adalah perkebunan kopi
Mereka sering mencuri dan memakan buah biji kopi yang sudah matang
Memang merugikan namun ternyata buah biji kopi tidak tercerna sempurna sehingga kotoran mereka sering terdapat buah biji kopi yang tidak tercerna sempurna tersebut.

Nah, entah darimana dapat inspirasi (warisan nenek moyang, konon dari Hindia Belanda), masyarakat di sini mengkonsumsinya, eh bukan dimakan langsung, tapi diolah dulu selayaknya kopi biasa dan hasilnya konon dari beberapa teman saya mengatakan Sangat Enak, entahlah saya belum mencoba karena selain agak aneh harganya juga mahal, setekonya bisa sampai ratusan ribu rupiah, tapi kopi ini mendapat sambutan positif dari dunia perkopian, bahkan sudah sampai seindonesia dan mancanegara. Kini kopi tersebut dikenal dengan nama Civet Coffee.

Kotoran Lubak

Kotoran Lubak

Mengapa menjadi enak? Berikut ceritanya (wikipedia)
Binatang luwak senang sekali mencari buah buahan yang cukup baik termasuk buah kopi sebagai makanannya. Biji kopi dari buah kopi yang terbaik yang sangat digemari luwak, setelah dimakan dibuang beserta kotorannya, yang sebelumnya difermentasikan dalam perut luwak. Biji kopi seperti ini, pada masa lalu sering diburu para petani kopi, karena diyakini berasal dari biji kopi terbaik dan difermentasikan secara alami. Dan menurut keyakinan, rasa kopi luwak ini memang benar benar berbeda dan spesial dikalangan para penggemar dan penikmat kopi.

Banyak coffee shop menambahkan menu mereka dengan Kopi Lubak Bali atau biasa disebut Kopi Bali saja, tapi tidak selalu Kopi Bali itu Kopi Lubak tapi beberapa diantaranya iya.
Nah bagi kalian penggemar kopi, kenapa tidak datang untuk mencoba?

Saya menulis hal ini dari referensi dan informasi dari teman-teman saya
Setelah saya menulis tulisan ini saya jadi ingin mencobanya :D