Screenshot Video

Suatu hari ketika saya memutar sebuah video, saya ingin mengambil beberapa frame atau istilahnya screen shot dari video tersebut untuk saya gunakan sebagai avatar ataupun wallpaper. Tapi bagaimana ya caranya?! Ternyata salah satu program yang telah saya instal, PowerDVD memiliki menu option Capture Frame, berikut caranya:

1. Siapkan video yang akan diputar ;)
2. Instal program Cyberlink PowerDVD
3. Instal pula program image editor seperti Photoshop atau bagi pengguna Windows bisa menggunakan Paint
4. Setelah diinstal, jalankan video dengan PowerDVD


5. Pada menu bagian bawah terlihat sebuah tanda kamera yang jika mouse berada di atasnya muncul tulisan Capture Frame (C), menu inilah yang berfungsi mengambil screen shot dari sebuah video
6. Setelah tombol tersebut ditekan, buka sebuah image editor, dalam hal ini saya gunakan Paint
7. Pilih option Edit > Paste
8. Screenshot telah muncul

Hmm…ternyata ada cara yang lebih praktis dibanding cara di atas

1. Tetap memerlukan video yang akan diputar :P dan image editor
2. Kali ini video dapat diputar diberbagai media player, sebagai contoh media player classic
3. Tekan alt + PrntScrn pada keyboard
4. Kemudian lakuka hal yang sama yaitu membuka image editor Paint
5. Edit > Paste, dan muncul screenshot

Kekurangannya pada screenshot kedua terdapat border dari media player yang digunakan
Nah terimakasih telah membaca, salam hangat :)