Inggris dan Inggris Raya

Beberapa hari belakangan ini kita dihebohkan dengan pesta akbar sepak bola sedunia, yeaph World Cup 2010 yang bertempat di Afrika Selatan. Kali ini saya terfokus pada sesuatu, yakni bendera yang digunakan kesebelasan Inggris mewakili negaranya.

Loh bukannya bendera negara Inggris itu seperti ini ya?

Hmm ternyata bukan karena bendera di atas mewakili Inggris Raya (United Kingdom) yang dipimpin oleh seorang ratu yaitu yang masih sekarang Ratu Elizabeth II. Sementara Inggris (England) sendiri merupakan salah satu negara bagian Inggris Raya yang sistem pemerintahannya parlementer dipimpin perdana menteri. Jadi Inggris merupakan bagian dari Inggris Raya.


wilayah negara Inggris
wilayah negara Inggris

Inggris Raya atau yang lebih resmi dikenal dengan nama United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland (Perserikatan Kerajaan Britania Raya dan Irlandia Utara) atau yang disingkat dengan UK (United Kingdom) merupakan gabungan dari beberapa negara seperti Inggris, Skotlandia, Wales dan irlandia Utara.

wilayah Inggris Raya
wilayah Inggris Raya

Inggris Raya juga mempunyai negara-negara persemakmuran yaitu suatu persatuan secara sukarela yang melibatkan negara-negara yang sudah berdaulat yang didirikan atau pernah dijajah oleh Inggris Raya (Inggris) dengan ketua persemakmurannya adalah Ratu Elizabeth II. Jadi sebenarnya negara ini sudah berdiri sendiri (merdeka) namun dengan sukarela masih mengakui Ratu Elizabeth II sebagai pemimpin. Tujuannya adalah menyatukan negara-negara bekas jajahan Inggris.

Ratu Elizabeth II
Ratu Elizabeth II

Perdana Menteri Inggris
Perdana Menteri Inggris David Cameron

Beberapa negara persemakmuran bisa dilihat di sini.

Tim Inggris
Tim Inggris

Jadi karena kesebelasan Inggris mewakili negara Inggris maka bendera yang digunakan adalah bendera yang pada gambar pertama.