Dragon and Phoenix

Salah satu mahluk mitologi yang sangat saya suka adalah naga dan burung phoenix. Berawal dari legenda-legenda Cina, naga merupakan mahluk yang dikeramatkan dan hanya seorang yang suci dapat menaklukannya, penampilannya yang gagah dan eksentrik membuat saya tertarik untuk menemuinya. Sedangkan phoenix merupakan salah satu burung yang hidup di surga, memiliki kepakan sayap yang membawa sentuhan hangat, tidak pernah mati dan mampu memberikan kesembuhan, berawal dari film Harry Potter membuat saya tertarik dengan burung yang anggun ini, mungkin saya bisa pula memeliharanya layaknya Dumbledore.

Naga dipercayai sebagai dewa hujan, memberikan kesuburan pada wilayah-wilayah yang dilewatinya. Dalam cerita Kera Sakti, Naga digambarkan sebagai dewa yang diberikan wewenang untuk mengatur cuaca. Sedangkan phoenix merupakan burung surgawi, membawa kehangatan setelah sang naga pergi, phoenix dengan pancaran dari tubuhnya yang penuh kobaran api menghangatkan daerah yang dihinggapinya. Menurut mitos, merak dan cendrawasih merupakan keturunan dari phoenix yang jatuh ke bumi.

“When the dragon soars and the phoenix dances, the people will enjoy happiness for years, bringing peace and tranquility to all under heaven”