Melukat

Bagi masyarakat Bali, tentu sudah tidak asing dengan tradisi ini, melukat, adalah salah satu cara masyarakat Bali menyeimbangkan batin, apa sebenarnya melukat itu, telurusuran saya dari berbagai sumber akan mengungkap sedikit mengenai hal ini.

Saya sebagai orang Bali tentu saja pernah melakukannya. Dari katanya melukat berarti pembersihan dan penyembuhan, tujuan dari ritual ini adalah untuk memurnikan pikiran tubuh dan jiwa kita, melukat umumnya dilakukan dengan beberapa persembahan: prascita dan bayuan, melukat dapat terus di grya, pantai, tempat pemujaan (pura)

Pertama, pemangku (pendeta Hindu) mengucapkan beberapa mantra di depan persembahan, dan kemudian yang akan dilukat diberi beberapa mantra dan disirami dengan air kelapa gading, setelah itu, boleh dilanjutkan ke ritual mandi di laut sebagai pelengkap. Air laut diyakini dapat membersihkan jiwa dan pikiran hal-hal negatif.

Melukat dianggap menjadi ritual penting untuk mengembalikan unsur-unsur negatif dari tubuh dan pikiran manusia. Dengan melukat, umat Hindu di Bali mengharapkan pikiran seseorang kembali bersih dan berisi hal-hal positif untuk melanjutkan kehidupan.