[ForSa] Ketahuilah Kesehatan Anda Dari Kencing Anda

Sebuah diskusi menarik di ForSa membuat saya tertarik untuk mengangkatnya ke dalam blog ini. Sebuah studi menunjukkan air kencing dapat memberikan gambaran bagaimana kondisi tubuh terkini dari tubuh, maka tidak heran tes kesehatan banyak pula yang membutuhkan air kencing. Baiklah mari kita ulas dulu sedikit tentang air kencing kita :D



Air Kencing (Urin)
Urin atau air seni atau air kencing adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Eksreksi urin diperlukan untuk membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostasis cairan tubuh. Namun, ada juga beberapa spesies yang menggunakan urin sebagai sarana komunikasi olfaktori. Urin disaring di dalam ginjal, dibawa melalui ureter menuju kandung kemih, akhirnya dibuang keluar tubuh melalui uretra.

Urin terdiri dari air dengan bahan terlarut berupa sisa metabolisme (seperti urea), garam terlarut, dan materi organik. Cairan dan materi pembentuk urin berasal dari darah atau cairan interstisial. Komposisi urin berubah sepanjang proses reabsorpsi ketika molekul yang penting bagi tubuh, misal glukosa, diserap kembali ke dalam tubuh melalui molekul pembawa. Cairan yang tersisa mengandung urea dalam kadar yang tinggi dan berbagai senyawa yang berlebih atau berpotensi racun yang akan dibuang keluar tubuh. Materi yang terkandung di dalam urin dapat diketahui melalui urinalisis. Urea yang dikandung oleh urin dapat menjadi sumber nitrogen yang baik untuk tumbuhan dan dapat digunakan untuk mempercepat pembentukan kompos. Diabetes adalah suatu penyakit yang dapat dideteksi melalui urin. Urin seorang penderita diabetes akan mengandung gula yang tidak akan ditemukan dalam urin orang yang sehat.

Fungsi utama urin adalah untuk membuang zat sisa seperti racun atau obat-obatan dari dalam tubuh.
Anggapan umum menganggap urin sebagai zat yang “kotor”. Hal ini berkaitan dengan kemungkinan urin tersebut berasal dari ginjal atau saluran kencing yang terinfeksi, sehingga urinnya pun akan mengandung bakteri. Namun jika urin berasal dari ginjal dan saluran kencing yang sehat, secara medis urin sebenarnya cukup steril dan hampir bau yang dihasilkan berasal dari urea. Sehingga bisa diakatakan bahwa urin itu merupakan zat yang steril

Bagaimana urin bisa mendeteksi kesehatan anda?
Urin dapat menjadi penunjuk dehidrasi. Orang yang tidak menderita dehidrasi akan mengeluarkan urin yang bening seperti air. Penderita dehidrasi akan mengeluarkan urin berwarna kuning pekat atau cokelat. Warna urin dapat membantu mendeteksi keadaan tubuh anda. Warna urin yang normal warnanya kuning, berasal dari bilirubin. Pucat ato kuatnya warna kuning pada urin normal tergantung pada konsumsi air. Perubahan warna dari yang normal itu bisa terjadi karena pengaruh makanan, obat, atau kondisi kesehatan. Warna kuning terang hingga oranye bisa terjadi kalo kita mengonsumsi vitamin B2 (riboflavin) dan/ato carotene, sesuai dengan warnanya. Warna oranye seringkali muncul abis penggunaan phenazopyridine untuk infeksi saluran kencing, rifampin, dan warfarin. Warna hijau atau biru bisa terjadi karena pengaruh pewarna makanan atau obat seperti amitriptyline, indomethacin, dan doxorubicin. Warna coklat gelap bisa merupakan ciri gangguan hati, misalnya hepatitis viral akut atau sirosis. Warna pink, merah, ato kecoklatan bisa karena makanan seperti beets, blackberries (bukan sejenis ponsel) ato pewarna makanan tertentu. Adanya pendarahan akibat infeksi ato trauma pada saluran kencing juga bisa menyebabkan perubahan ke warna ini. Urin yang keruh meski warnanya normal, apalagi dengan bau yang bisa bikin orang lain lari menjauh, merupakan tanda adanya infeksi saluran kemih. Kekeruhan itu terjadi karena adanya bakteri, mukus, sel darah merah atau putih, sel epitel, lemak, atau garam fosfat. Sebagai tambahan, konsumsi makanan, obat, ato kondisi penyakit tertentu juga bisa pengaruhi bau urine, dengan atau tanpa mempengaruhi warna.

Jadi saat anda kencing silahkan cek warna urin anda :D
Sumber: ForSa, Wikipedia