Top 10 Dewa Gitar Dunia by Yande

10. Slash

Gitaris yang berasal dari Amerika keturunan Inggris ini memang tidak diragukan lagi dalam pemilihan nada-nada melody. Gitaris yang dulunya bergabung dalam grup band Gun N Roses sekarang dengan Velvet Revolver memiliki tehnik gitar blues yang mudah diingat para pendengar musik. Giatris jenius ini memang tidak sembarang memilih nada karena nadanya ingin mudah diingat kepada para pendengarnya.

9. Synyster Gates

Gitaris asal Amerika ini memang sangat terkenal dan favorit di kalangan remaja sekarang ini. Murid dari Slash ini memiliki kepiwaian memilih nada dalam picking yang mampu menyihir para pendengar musik dunia. Gitaris yang berasal dari grup band Avenged Sevenfold ini memang memliki tehnik picking dan kecepatan yang tidak diragukan lagi.

8. Herman Lee

Gitaris yang berasal dari Inggris keturunan cina ini memang sungguh piawai dalam thenik sweeping, picking, dan tapping. Gitaris dari dragonforce ini memiliki permainan picking diikuti dengan tapping dan sweeping ini liuar biasa cepat. Nada-nada yang cepat sehingga enak didengar membuat gitaris ini memnag cocok sebagai dewa gitar.

7. Wayan Balawan

Inilah dia gitaris kebanggaan Indonesia yang cocok dalam kategori gitaris dunia yang berasal dari Bali. Kepiawaianya dalam tehnik double tap gitar ini memang luar biasa. Gitaris yang biasa bermain dengan double neck gitar ini memang memiliki kecepatan tapping yang luar biasa. Ia terkenal juga dalam memberikan effect gitar yang jarang dan aneh namun sangat menarik. Musisi jazz ini memang pantas dalam kategori gitaris dunia.

6. Jimmy Hendrix

Wah, inilah dia pelopor gitar blues yang sangat diakgumi semua musisi di dunia. James Marshall Hendrix gitaris asal Amerika ini memang luar biasa jenius dalam memilih nada-nada blues yang sampai saat ini banyak musisi yang mengikuti gaya permainan bluesnya dan dikembangkan lagi. Lick yang dimainkan memang sangat mudah dikenali karena keunikanya nadanya. Kepergianya dalam usia 27 tahun memang membuat dunia berkabung. Namun karya2nya selalu diminati para musisi dunia sehingga namanya diabadikan dalam sound system yang bernama Marshall.

5. Yngwie Malmsteen

Nah, sekarang baru ada gitaris selain dari Amerika, Yngwie adalah gitaris asal Swedia yang memiliki genre musik neo-clasical metal. Kecepatan Yngwie dalam melakukan sweeping dan picking memang tidak diragukan lagi. Yngwie yang suka berkolaborasi dengan orchestra memang mampu mengikuti alunan nada-nada orchestra. Namun pemilihan nada terkadang monotone karena ingin memperlihatkan kecepatan tanganya saja. Memang sulit mencari gitaris dengan genre yang jarang dan permainan gitar yang dewa.

4. John Petrucci

Lagi-lagi gitaris asal Amerika, memang kebanyakan gitaris amerika piawai bermain gitar. Salah satu gitaris yang dulunya bergabung dalam Dream Theater ini mampu melakukan tehnik melodi yabg progresif yang memang sulit ubtuk dilakukan karena tehnik tersebut memiliki ritme yang berubah2. Kecepatan dan keluwesanya bermain gitar memang memiliki ciri yang unik.

3. Paul Gilbert

Kembali lagi gitaris berasal dari Amerika, gitaris yang dulunya bergabung dengan grup band Mr. Big memang memliki penampilan yang unik dan khas. Kepiawaianya dalam tehnik picking memang memliki speed yang luar biasa, bahkan ia juga memiliki kecerdasan dalam membuat suatu coustom gitar yang sangat diminati pembeli gitar listrik. Permainan nada-nadanya memang nyaman didengarkan bagi orang yang tidak biasa mendengarkan instrumen musik.Kecepatan tanganya dalam picking pernah dibuktikan dengan memakai bor yang memutar yang kemudian diisi pick gitar di bor tersebut.

2. Joe Satriani

Gitaris botak dari Amerika ini memang sangat piawai dalam permainan gitarnya. Tehnik gitar yang di mainkan selalu memliki inovasi dan sesuatu yang baru dalam musik. Kecerdasanya dalam bermain musik mampu dia ajarkan kepada musisi lainya sehingga para murid-muridnya pasti memliki skill gitar yang lumayan juga. Kemampuan tappingnya sendiri juga dapat didengar oleh semua golongan masyarakat.

1. Steve Vai

Gitaris asal Amerika ini memang pantas menduduki posisi pertama dengan tehnik permainan gitarnya yang lengkap mampu melakukan semua tehnik skill gitar seperti sweeping, picking, tapping, dia mampu melakukanya dengan speed yang cepat dan bersih sehingga membuat suatu melodi yang jarang namun nyaman didengarkan. Murid dari Joe Satriani ini memang sungguh cerdas karena bisa memliki skill yang tidak kalah jauh dengan guru gitarnya sendiri.