5cm Per Second

Sudah lama ga bahas anime, kali ini sy mengangkat anime yg sekarang lg tren krn bkn galau lulz
5cm per second atau Byōsoku Go Senchimētoru adalah anime yang muncul di tahun 2007 yang menceritakan slice life (bagian2 kehidupan) Di sini tokoh utamannya bernama Takaki Tono, seorang laki-laki biasa yang diceritakan kehidupannya dalam tiga babak kehidupan.

Kehidupan pertama menceritakan kehidupan masa kecilnya bersama Akari Shinohara yang merupakan murid pindahan di sekolahnya, mereka hidup semakin dekat dengan berbagai kesamaan kesukaan dan sering bermain bersama, sehigga menjadi akrab satu sama lain, tak terasa waktu, mereka akhirnya tamat dari smp mereka, Akari menyatakan akan bersekolah dan pindah ke luar kota karena tuntutan pekerjaan orang tuanya, sehingga mereka pun harus berpisah, akan tetapi mereka tetap surat2an hingga akhirnya Takaki memutuskan untuk bertemu kembali di pohon cherry blossom tempat biasa mereka bermain, di sinilah letak galaunya krn perjalana Takaki yg tidak mudah dan berakhir dengan ciuman mesra dari Akari di bawah pohon untuk terakhir kalinya


Kehidupan kedua menceritakan Takaki yang beranjak remaja. Di sma ia bersekolah diam2 seorang cewek bernama Kanae naksir padanya namun tidak berani mengutarakan perasaannya. Kanae selalu menanti Takaki ketika pulang sekolah agar ia setidaknya bisa bertegur sapa (dududu..galau) Akan tetapi Takaki hanya merasa Kanae adalah teman biasa as teman dekat saja (dududu..makin galau) Kanae mengerti krn dia sll melihat Takaki berada diantara rerumputan menanti seseorang, akhirnya mereka menjadi teman biasa saja dan Kanae pun tak pernah menyatakan perasaanya (ah…)

Kehidupan ketiga menceritakan Takaki yang kini sudah bekerja sebagai programmer. Takaki masih merindukan Akira, sementara Akira juga mempunyai perasaan yang sama walaupun ia tengah mempersiapkan pernikahannya. Teringat akan surat2 yang terkirim dan sebuah kenangan manis di bawah pohon sakura yang sedang mekar (cherry blossom). Suatu ketika mereka berpapasan di penyebrangan kereta tetapi mereka tidak mengetahui satu sama lain akan tetapi ketika mereka merasa saling mengenal dan ingin saling menatap kereta api terlintas dihadapan mereka dan saat itu Akira akhirnya menghilang dan Takaki hanya tersenyum (galau tingkat dewa)

5cm per second adalah kecepatan dari jatuhnya bunga sakura. Anime ini bener2 bikin galau bagi kalian yang pernah merasakannya ahahaha…selamat menonton ^^