[Halloween] Kisah Jack dalam Jack’O’Latern

hectorturnipfinalcrop

Tersebutlah seseorang bernama Stingy Jack, seorang petani yang malas dan suka menipu. Keseharian Jack suka mabuk-mabukkan, hingga pada suatu ketika, ia terjatuh dan sekarat, ajalnya akan tiba, Jack akan dibawa ke neraka, Tuhan pun mengutus setan untuk menjemput Jack. Melihat setan datang, Jack mencari akal, ia kemudian meratap pada setan, bahwa kejahatan yang ia lakukan bukan semata-mata karena kesalahannya, ia dalam keadaan miskin, dan Tuhan tidak pernah membantunya. Karena hal tersebut, Jack meminta keinginan terakhir sebelum dijemput.

Setan pun merasa kasihan kemudian menanyakan apa permintaan terakhirnya, Jack pun menjawab, ia hanya ingin minum sekali saja untuk yang terakhir kalinya. Setan menjadi bingung, karena ia di sana atas perintah Tuhan, dan tidak mungkin dia bisa memberi ijin Jack untuk melakukan hal tersebut. Akhirnya setan dan Jack saling menjawab, Jack berkata setan bisa menjadi apa saja, jadilah sebuah koin, agar bisa membeli minuman. Setan mengalah, dan ia berubah menjadi koin.

Tapi setan tertipu, Jack menggunakan koin itu bukan untuk membeli minuman, tapi memasukkannya ke dalam kantong bersama kalung salib yang ia bawa. Setan pun terperangkap. Setan mengiba pada Jack agar dikeluarkan, Jack pun mengiyakan jika setan memenuhi perintahnya. Jack ingin setan kembali ke neraka dan kembali setahun lagi, setan pun menuruti perintah Jack.

Namun selama setahun yang dilakukan Jack malah kembali minum dan menipu orang-orang. Karena itu setan kembali diutus menjemput Jack di akhir tahun itu.

“Sebentar.. sebentar!”, kata Jack. “Aku punya permintaan terakhir sebelum dibawa ke neraka!”

“Apa itu?”, tanya setan.

“Topiku tersangkut di atas pohon itu. Bisakah kamu mengambilkannya untukku?”, jawab Jack.

“Bisa.. tapi kali ini jangan menipuku.”, kata Setan dengan sebal.

Setan memanjat pohon itu dan mengambilkan topi Jack. Tapi Jack cepat-cepat menggoreskan salib di batang pohon itu sehingga setan tidak bisa turun.

“Tolonggg! tolong aku!”, Jerit setan.

“Ha! Sekarang aku bisa membiarkanmu di pohon itu selamanya”, Jack berseru riang.

“Jangannnn!” Setan begitu ketakutan.

“.. kecuali..”

“Kecuali apa?”, Setan berharap cemas.

“Kau berjanji tidak akan memaksaku menemanimu di neraka lagi, untuk selamanya!,” jawab Jack.

“Baiklah.. baiklah.. aku janji tidak akan memasukkanmu ke neraka lagi”, kata setan.

Maka Jack selamat dari neraka hingga masa tuanya. Hingga saat ia benar-benar meninggal, setan tidak pernah menjemputnya lagi. Arwahnya segera dibawa ke surga.

Tapi di pintu surga malaikat segera menghadang Jack. “Sebentar, aku Jack… aku baru saja meninggal. Aku mau masuk surga.” Tapi malaikat menolak mentah-mentah. Jack sudah begitu terkenalnya sebagai penipu sehingga tempatnya hanya di neraka. “Pergilah, tanyakan tempatmu kepada setan,” kata malaikat. Jack tersedu, tapi dia benar-benar tidak boleh masuk surga.

Maka Jack turun ke neraka. Di sana ia bertemu kembali dengan setan. Setan menyambutnya gembira. Melihat penderitaan orang-orang di neraka, ia berseru kepada setan.

“Tapi kau sudah janji tidak akan memasukkanku ke sini, kan? Kau sudah janji, ingat itu!”

Setan bingung. Bagaimanapun Jack pernah menyelamatkannya dari salib-salib itu, walaupun itu akal-akalannya Jack. Mungkin dia setan yang jahat dan pantas masuk neraka bersama pendosa lain. Tapi ia tidak akan pernah mengingkari janji.

“Baiklah, aku akan membantumu supaya tidak perlu masuk neraka,” kata setan. Jack senang. Ia tidak perlu menghabiskan waktu selamanya bersama siksaan-siksaan di neraka.

Setan mengirim Jack kembali ke bumi. Ia diberi kesempatan untuk hidup selamanya tanpa harus khawatir mengenai neraka. Ia dipersilakan mencari tempat peristirahatan terakhir yang ia suka.

Jack menangis, “Tapi aku takut.. di sini gelap! Aku tidak bisa lihat apa-apa. Aku takut sendiri.. huuu huu…”. Lalu setan memberi sebuah lilin di kepala Jack. “Carilah teman-temanmu supaya kau tak kesepian,” kata Setan.

Demikianlah cerita Jack Lentera. Ia akan berkeliling sepanjang malam untuk menjemput nyawa anak-anak pembohong. Mereka akan menemaninya sampai hari kiamat nanti.

sumber: google, https://hariadhi.wordpress.com/2009/04/02/cerita-jack-o-lantern/